.di museum fujiko f. fujio bagian 1.

.di museum fujiko f. fujio bagian 1.

Bagi sebagian orang, salah satu alasan untuk bangun pagi di hari Ahad mungkin adalah Doraemon. Yup, tayangan kartun si robot biru ini memang telah menemani Ahad pagi kita sejak lama. Sebenarnya saya bukan penggemar fanatik Doraemon. Tetapi saya suka dengan pak Fujiko. Imajinasi pak Fujiko yang bernama asli Hiroshi Fujimoto ini memang luar biasa. Selalu ada alat ciptaannya untuk menolong Nobita. Ada yang pernah menghitung tidak ada berapa alat di kantong ajaib Doraemon?

Kali ini saya bukan mau menghitung alat di kantong Doraemon melainkan mau berbagi cerita tentang museum Doraemon. Nama resmi museum ini sebenarnya adalah Museum Fujiko F. Fujio. Tetapi karena salah satu karya pak Fujiko yang terkenal adalah Doraemon, museum ini lebih populer sebagai Museum Doraemon. Museum Fujiko F. Fujio sendiri mulai dibuka September 2011 lalu.

museum fujiko
papan nama museum

Saat memutuskan travelling ke Jepang, tempat ini adalah salah satu yang tercepat masuk ke list tempat yang ingin saya datangi. Tidak ada perdebatan dengan kawan perjalanan saya, Shasha. Museum Doraemon juga masuk dalam listnya. Sipp.

Setelah mencari info di internet, ternyata Museum Doraemon tutup setiap Selasa sedangkan tiket museum bisa dibeli di mesin Loppi yang ada di Lawson. Museum tidak melayani pembelian tiket langsung seperti museum di Indonesia. Yang pertama ada di pikiran saya adalah gimana cara pakai mesin Loppi untuk membeli tiket? Saya tidak bisa berbahasa Jepang dan belum tentu juga pramuniaga di Lawson bisa berbahasa Inggris. Akhirnya ketika pertama sampai di bandara Chubu Nagoya saya mencari tourism center. Saya meminta bantuan mbak tourism center untuk menuliskan keinginan saya membeli tiket museum dalam bahasa Jepang.

beli 2 tiket ke museum fujiko
beli 2 tiket ke museum fujiko

PR berikutnya adalah mencari Lawson. Tahu kan ya, Lawson semacam I***mart dan A***mart di Indonesia. Mustinya ada dimana-mana. Tetapi di Nagoya, kami gagal menemukan Lawson. Akhirnya kami bertemu Lawson di stasiun Ikebukuro Tokyo. Saya memperlihatkan tulisan mbak tourism center kepada pramuniaga di sana. Dan kami segera menuju ke mesin Loppi. Pramuniaga ini bisa berbahasa Inggris. Dia menanyakan mau hari apa ke museum dan mau yang jam berapa. Untuk masuk ke museum ini, ada 4 jadwal. Jam 10, jam 12 , jam 2 siang dan terakhir jam 4 sore. Kami memilih jam 10. Tiket masuk museum untuk dewasa harganya 1000 yen. Selanjutnya, kami menyimpan tiket baik-baik. Jangan sampai hilang. Maklum, kami baru akan ke sana Senin dan saat itu masih Ahad.

tiket dari Lawson
tiket dari Lawson

Museum Doraemon ini terletak di kota Kawasaki. Dari stasiun Shinjuku kami naik kereta Odakyu dan membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk sampai di stasiun Noborito. Cukup lumayan kan. Kalau kami sendiri membutuhkan waktu yang lebih lama. Kami menginap di dekat stasiun Kuramae, Tokyo. Jadi rute kami adalah Kuramae – Shinjuku – Noborito. Di stasiun Shinjuku kami harus tanya – tanya ke petugas, ya maklumlah, belum terbiasa dengan stasiun yang jalurnya belibet macam ini.

Di stasiun Noborito terdapat patung Dorami. Kalau kita bertemu patung ini artinya kita sampai di stasiun yang benar .

dorami
dorami

Untuk menuju museum Doraemon ada dua pilihan. Jalan kaki atau naik bis. Kami memutuskan naik bis karena saat kami sampai di stasiun sudah lewat dari jam 10. Ongkos bis ke museum untuk dewasa 210 yen dan dibayarkan saat kita naik. Ini dia penampakan bisnya.

Lebih kurang 10 menit kami sampai di museum Doraemon. Di depan pintu nampak antrian yang cukup panjang. Antriannya tertib ga? Tertib dong, namanya juga Jepang πŸ™‚

antri bertemu doaremon
antri bertemu doaremon

Sambil mengantri kita bisa melihat miniatur tokoh ciptaan pak Fujiko di dinding museum. Ini salah satu cara yang bagus untuk membuat pengunjung tidak bosan selama menunggu giliran masuk ke museum.

Kalau hiasan dindingnya saja seru seperti ini bagaimana dalamnya? Apakah lebih seru atau biasa saja? Itu pertanyaan saya saat mengantri dan terjawab saat saya masuk ke dalam museum.Β  Insha Alloh di bagian berikutnya saya mau cerita tentang bagian dalam museum πŸ™‚

museum fujiko f. fujio bagian 2

museum fujiko f. fujio bagian 3

Iklan

5 thoughts on “.di museum fujiko f. fujio bagian 1.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s