.sehari berbagi profesi, selamanya terinspirasi.

.sehari berbagi profesi, selamanya terinspirasi.

Assalamu’alaikum. Kali ini saya ingin berbagi tentang pengalaman ikut kelas inspirasi Bandung 3. Tulisan ini dengan sedikit perbedaan juga ada di website kelas inspirasi Bandung 🙂

empat
empat

Hari gini ikut kelas inspirasi? Telat nggak sih. Antara ya dan tidak. Ya, karena kelas inspirasi Bandung sudah dimulai sejak 2013 dan tahun ini adalah yang ketiga. Tidak, sebab untuk kegiatan positif tidak pernah ada kata terlambat. Berbekal inilah saya akhirnya mendaftar sebagai relawan pengajar di kelas inspirasi Bandung. Rasa ragu, merasa tidak pantas untuk menjadi relawan membuat saya mendaftar di menit akhir, tanggal 30 Januari. Sehari sebelum pendaftaran ditutup. Ketika menerima email bahwa saya lolos rasanya tidak percaya. Kemudian bingung. Duh, nanti mau ngajar apa ya. Seperti apa mengenalkan profesi di bidang SDM kepada anak SD. Sampai tiba briefing 8 Februari di Gedung Sate saya masih tetap bingung.

mc dan pengajar muda
mc dan pengajar muda

Untungnya d briefing ini kami, para calon pengajar ini medapat bekal dari tim kelas inspirasi Bandung. Walaupun singkat, materi manajemen kelas dan sharing dari relawan kelas inspirasi Bandung 2 cukup memberikan saya gambaran apa dan bagaimana saya mengajar nanti.

:)
🙂

Di briefing ini saya bertemu dengan teman satu kelompok. Saya ada di kelompok 40. Bersama 1 fasilitator, 4 videografer dan fotografer serta 12 pengajar. Hari itu tidak semua pengajar hadir. Kami saling berkenalan termasuk dengan perwakilan dari SD tempat kelas inspirasi. Kelompok 40 mendapat kesempatan berbagi di SD Babakan Ciparay Timur. Ada 10 kelas yang akan ikut dalam kegiatan ini.

masih kalem, baru kenal
searah jarum jam: bu kanna, gin, kang lukie, katia, kang sigit, fandy, el, teh mpi, ami, teh rika, kang iden, riri, saya-unita, teh je

Hari-hari sebelum hari inspirasi banyak persiapan yang dilakukan. salah satunya adalah persiapan mengajar. Ternyata setelah briefing pun saya masih bingung gimana nanti di kelas. Apa yang harus saya sampaikan, barang apa yang membuat anak tidak bosan dengan kelas saya. Profesi di bidang SDM buat saya sendiri sedikit abstrak. Mau memperkenalkan proses bisnis di kantor takut tidak fokus ke profesi. Akhirnya saya berdiskusi dengan teman kantor yang juga ikut kegiatan ini. Saya memutuskan memakai media film dan gambar untuk menjelaskan tentang profesi saya. Selanjutnya nantilah saya berimprovisasi di kelas 🙂

pembukaan kelas
SD Bacip Timur, unggul, unggul, yes! Alllahuakbar

Saat yang dinantikan pun tiba. 18 Februari 2015 kami berkumpul di sekolah. Setiap orang di kelompok saya mengajar di 4 kelas. Saya kebagian kelas 4, lalu kelas 6a dan 6b kemudian kelas 5. Kelas 4 berlangsung lancar. Saya masih agak gugup dan masih mencoba mencari bentuk cara mengajar.

kelas 4, masih grogi
kelas 4, masih grogi

Alhamdulillah, anak kelas 4 sangat antusias. Saya memulai dengan mengenalkan lingkungan kantor dengan foto. Hahaha, saking bingung cari alat peraga. Kemudian saya menjelaskan pekerjaan saya dengan analogi kegiatan sekokah mereka. Saya jelaskan, bekerja sama halnya seperti sekolah. Ada jam yang harus dipatuhi. Ada teman yang harus dihormati. Selanjutnya saya mengajar di kelas 6a. Saya pikir kelas 6 akan lebih hidup. Ternyata saya salah. Kelas ini tenang sekali. Alhasil saya lebih banyak bermain dan menghubung-hubungkan permainan dengan pencapaian cita-cita. Hahaha, yang penting nyambung dan kelas tetap hidup.

1 laptop untuk bersama
1 laptop untuk bersama

Setelah beristirahat saya kembali masuk kelas 6. Kali ini kelas 6b. Kelas 6 yang ini siswanya lebih aktif. Di kelas ini ada siswa yang bercita-cita menjadi traveler. Saya minta dia maju dan menjelaskan apa itu traveler dan kenapa ingin menjadi traveler. Banyak teman sekelasnya yang menertawakan cita-citanya. Lalu saya jelaskan, anak-anak boleh menjadi apa saja. Mereka bisa menjadi apa saja. Asal mereka belajar, berdoa dan pantang menyerah.

tetap semangat
tetap semangat 🙂

Lalu tibalah kelas terakhir. Suara saya hampir habis di saat masuk kelas 5. Alhamdulillah, kelas ini sangat seru. Anak-anaknya aktif dan banyak bertanya. Kami menonton film, bermain, saya menjelaskan tentang profesi saya lalu kami bermain lagi. Rasanya kelas terakhir selesai sangat cepat.

ga sengaja putih dan hitamnya sewarna
ga sengaja putih dan hitamnya sewarna

Dari kelas pertama sampai terakhir berbagai pengalaman saya dapatkan. Saat pertama masuk kelas dan saya bertanya, anak-anak dengan penampilan seperti ini, kira-kira apa profesi ibu? Jawaban mereka lucu-lucu. Mulai dari guru TK, suster, kasir sampai yang paling iseng. Pelatih taekwondo. Hahaha.  Anak-anak juga memiliki pertanyaan yang beragam. Ibu, boleh tidak cita-nya dua? Buk, kalau mau jadi ilmuwan gimana caranya? Ibu capek ga bekerja? Lalu mereka juga bertanya berapa gaji ibu? Hahaha, seru bukan. Sebisanya saya menjawab pertanyaan mereka.

barengan yuk
barengan yuk

Hari itu saya merasa bukan saya yang menginspirasi. Tapi sayalah yang terinspirasi. Dari keberanian anak-anak itu. Orang dewasa kadang takut salah dan terlalu penuh pertimbangan. Akhirnya tidak berani mencoba. Saya yakin seandainya anak-anak ini mendapat lingkungan dan pendidikan yang tepat, apa yang mereka impikan akan terwujud dan mereka bangga akan itu.

teman yang hebat
teman yang hebat

Saya juga bersyukur ada di kelompok 40. Sungguh, saya belajar banyak dari teman-teman inspirator dan fotografer di kelompok saya. Mereka tidak hanya seru tapi juga sumber inspirasi nyata bagi saya 🙂 Terima kasih kelas inspirasi Bandung, untuk kesempatan dan pengalaman hebat ini.

.Unita Nuraeni_05.03.2015.

3 thoughts on “.sehari berbagi profesi, selamanya terinspirasi.

Tinggalkan Balasan

