.mushola mal di Bandung.

.mushola mal di Bandung.

Siapa yang setiap akhir pekan ke mal? Ayo tunjuk tangan. Mal memang menjadi tujuan libur favorit. Mulai dari nonton, makan, jalan sama teman, momong anak, belanja atau sekedar cuci mata bisa kita lakukan di mal. Apalagi di Bandung yang malnya ada banyak ini. Setiap pekan bisa main ke mal yang berbeda.

Selain macam tokonya, ada satu tempat yang buat saya penting dari sebuah mal. Tidak lain dan tidak bukan adalah mushola. Kenapa? Ya buat sholat dong. Apalagi kalau pas nonton trus jadwal filmnya mepet dengan waktu sholat, kebutuhan utama banget mushola ini. Belum lagi bila niat ke mal memang untuk berburu diskon, pasti ada waktu sholat yang terlewati selama kita di mal.

Kali ini saya ajak menengok mushola beberapa mal di Bandung yaitu BIP, Istana Plaza, PVJ, TSM, Ciwalk dan BEC. Oya, urutan tempat tidak menunjukkan ranking mushola ya.

1. Bandung Indah Plaza

Mal satu ini terletak di Jalan Merdeka dan lebih dikenal dengan nama BIP. BIP merupakan pusat perbelanjaan tertua di Bandung. Tenant yang besar di BIP adalah Matahari. Selain itu untuk yang berjilbab, disini tersedia tenant busana muslim yang cukup lengkap.

Mushola BIP terletak di lantai 4, satu lantai dengan area food court dan bioskop. Dari eskalator depan bioskop, arahnya ke kanan dan pintu masuknya ada di samping salon Johnny Andrean.

bip tempat wudhu
tempat wudhu, kiri perempuan dan kanan laki-laki

Bila tiba waktu sholat, antrian bisa sampai luar. Hal ini karena antrian wudhu menjadi satu dengan jalur masuk dan keluar mushola. Tempat wudhu perempuan tidak terlalu luas. Cukup untuk menampung lima orang.

bip tempat sholat perempuan
tempat sholat perempuan
bip tempat sholat pria
tempat sholat laki-laki

Tempat sholat jamaah laki-laki dan perempuan berbeda dan masing-masing menempati area yang cukup luas. Selain itu di mushola BIP juga tersedia mukena dengan jumlah yang memadai. Sayangnya tidak semua mukena dalam kondisi prima (kaya atlet ya). Karpet mushola juga terlihat sudah dimakan usia. Meskipun demikian, mushola BIP bersih dan terang.

2. Istana Plaza

Istana Plaza atau IP terletak di Jalan Pasirkaliki, dekat dengan stasiun Bandung dan Bandara Husein Sastranegara. Meskipun tidak ada bioskop di dalamnya, mal ini tetap ramai dikunjungi warga Bandung.

ip papan mushola
mushola Istana Plaza

Mushola di Istana Plaza ada di basement, menyatu dengan parkir mobil. Dari dalam mal, turun di lantai Giant dan keluar menuju area parkir.

Ada dua pintu di mushola. Pintu pertama terdiri dari 3 area. Di sebelah kanan adalah tempat wudhu laki-laki, agak maju terdapat tempat wudhu perempuan dan di sebelah kirinya terletak mushola perempuan. Pintu satu lagi adalah pintu mushola laki-laki.

Area wudhu dan tempat sholatnya tidak luas sehingga bila tiba waktu sholat mushola menjadi padat dan kurang nyaman. Di mushola tersedia mukena meskipun jumlah dan kondisinya terbatas.

3. Paris van Java

Paris van Java mal atau lebih dikenal dengan sebutan PVJ terletak di daerah Sukajadi. Dapat dipastikan daerah Sukajadi akan padat bila akhir pekan atau musim libur tiba. Untuk penyuka produk fashion keluaran Spanyol atau Swedia, PVJ merupakan pilihan tepat.

DSC08819

Jujur, saya agak bingung dengan perlantaian di mal satu ini. Hehe, jadi yang saya ingat lokasi mushola dekat dengan toko apa. Ada beberapa mushola di PVJ. Salah satunya yang ada di dekat Carrefour dan di belakang Daiso. Nah, yang akan saya bahas ini yang ada di belakang Daiso.

DSC08812
tempat wudhu

Untuk ke mushola, dari belakang Daiso kemudian naik tangga dan belok di dekat Fukusushi. Nah, mushola terletak di pojokan. Tempat wudhu laki-laki dan perempuan menjadi satu dan berada di tempat yang cukup terbuka.

tempat wudhu dan tempat sholat
tempat sholat laki-laki
tempat sholat perempuan
tempat sholat perempuan

Tempat sholat laki-laki terletak di sebelah tempat wudhu dengan luas yang memadai. Sedangkan untuk perempuan, tempat sholat berada di belakang tempat wudhu. Bagi yang tidak membawa mukena, bisa menggunakan yang ada di mushola. Jumlahnya mencukupi namun sayangnya mukena yang tersedia tidak dalam kondisi bagus. Musholanya sendiri cukup bersih namun sayang, cahaya di ruangan ini kurang terang bahkan cenderung remang-remang.

Update:

29 Juli 2016, saya kebetulan main ke PVJ dan pas mau sholat Maghrib ternyata mushola ini sudah ditutup. Sebagai gantinya, dibuka mushola baru yang terletak satu komplek dengan Richeese atau di blok PVJ paling depan.

Untitled

Saya sebenarnya rada bingung kalau ngeliat peta ini. Patokan lebih mudahnya lewat eskalator di sebelah Inul Vista lalu lewat eskalator lagi sampe ketemu mushola. Desainnya sendiri mirip dengan mushola di dekat Carrefour namun dengan versi yang lebih luas.

dsc_1694.jpg
pintu masuk mushola
photogrid_1470120623798.jpg
tempat sholat

Dibandingkan mushola yang sudah ditutup, kondisi yang sekarang jauh lebih terang dan bersih. Tempat wudhu perempuan dan laki-laki juga dipisah. Satu-satunya yang membuat kurang nyaman adalah suara dari cerobong di belakang tempat sholat wanita.

dsc_1691.jpg

4. Trans Studio Mal

Pada awal berdiri, mal di Jalan Gatot Subroto ini bernama Bandung Super Mal alias BSM. Kemudian 2012 berubah menjadi Trans Studio Mal atau TSM. Di komplek TSM sendiri ada masjid yang sangat besar dan nyaman. Khusus tulisan ini, saya mau bahas tentang mushola TSM yang ada di dalam malnya.

Lorong ke mushola

Di TSM, mushola berada di lantai 4. Satu lantai dengan bioskop dan Jonas photo. Dulu sekali, sebelum ada mushola di lantai 4 saya pernah sholat di mushola yang ada di basement. Kurang tahu untuk sekarang, apakah mushola itu masih ada atau tidak.

Pintu masuk dan tempat wudhu untuk jamaah laki-laki dan perempuan dibuat terpisah. Sedangkan untuk tempat sholat, menjadi satu dengan sekat ditengahnya. Karpet mushola TSM bagus dan bersih, ruangannya juga terang dan tersedia mukena yang layak pakai.

Pengaturan di seputar mushola juga berubah semakin baik. Dulu, kursi tunggu ditempatkan di lorong depan mushola sehingga menyebabkan ketidaknyamanan baik bagi yang akan sholat maupun yang duduk. Sekarang kursi tunggu diletakkan di luar lorong sehingga yang ingin sholat maupun berjalan ke  toilet tidak menumpuk dengan orang yang ingin duduk di kursi tunggu.

5. Cihampelas Walk (Ciwalk)

Terletak di daerah Cihampelas yang padat, Ciwalk merupakan mal dengan halaman luas dan hijau. Berbeda dengan mal lain, Ciwalk merupakan mal tanpa toko buku. Jadi mal ini lebih pas untuk belanja dan makan karena pilihan restoran yang cukup banyak.

DSC_0054

Mushola Ciwalk berada di ujung young street (jalan depan restoran Korea Mujigae). Tepatnya di depan gerai ATM.

ciwalk tempat wudhu
kiri; tempat wudhu perempuan dan kanan; tempat wudhu laki-laki
ciwalk lantai 1 dan 2
menuju tempat sholat

Tempat wudhu untuk laki-laki dan perempuan terpisah. Namun tempat wudhu ini cukup terbuka. Tempat sholat untuk perempuan ada di lantai 1 dan untuk laki-laki di lantai 2.

ciwalk tempat sholat

Secara umum, mushola Ciwalk bersih dan terang. Gemericik air dan kaca yang lebar membuat tempat sholat yang tidak terlalu luas menjadi lebih lega dan nyaman. Berbeda dengan mushola lain, lantai mushola Ciwalk tidak dilapisi karpet. Mukena yang disediakan cukup banyak dan bersih.

6. BEC (Bandung Electronic Center)

BEC bisa dibilang sebagai pasar handphone dan laptop-nya Bandung. Terletak di Jalan Purnawarman atau mudahnya ada di belakang Gramedia Merdeka, BEC saat ini tidak hanya menawarkan barang elektronik saja. Sejak gedungnya diperluas, BEC juga membuka supermarket, berbagai tempat makan hingga bioskop. Makin macet padatlah Jalan Purnawarman.

Bagaimana dengan musholanya? Di BEC, mushola terletak di basement dan terpisah untuk laki-laki dan perempuan. Dari depan BEC, mushola perempuan bisa dicapai dengan masuk ke area parkir basement.

Tempat wudhu ini terletak di samping toilet. Untuk tempat sholatnya sendiri cukup luas dan tersedia mukena dalam jumlah banyak.

bec tempat solat

Ke depan, BEC merencanakan membuat tempat sholat di lantai 3 gedung sesuai gambar yang tertempel di jendela mushola. Semoga segera terealisasi mushola yang lebih representatif.

Update:

Pertengahan November 2016 ini, BEC benar-benar jadi tempat favorit saya. Mulai dari nonton sampai beli batere laptop semua saya lakukan berbeda hari alias bolak balik ke BEC. Dan tentu saja saya melewati waktu sholat saat sedang di sana. Mushola terletak di lantai 3A, satu lantai dengan bioskop. Tempat wudhu dan sholat terpisah antara laki-laki dan perempuan. Bagaimana dengan mukena? Ini yang unik. Untuk meminjam mukena kita harus menyerahkan KTP. Baru di BEC lho saya ketemu yang begini. Jadi wajar kalau mukenanya bersih dan wangi. Tempat peminjaman mukena sendiri menjadi satu dengan tempat penitipan barang.

Pintu masuk mushola

Kanan, tempat wudhu wanita

Tempat sholat wanita

Sekian laporan hasil kunjungan catatan tentang mushola mal di Bandung. Harapan saya, ke depan pengelola pusat perbelanjaan lebih memperhatikan kenyamanan mushola bagi pengunjung. Kalau teman-teman gimana, suka memperhatikan mushola mal tidak?

Iklan

10 thoughts on “.mushola mal di Bandung.

      1. Iya gitu mbak 😀 untuk bagus atau enggak, yah bonus lah ya itungannya 😀 yang penting kita tenang perginya kalau ada tempat ibadah 😀

        sama-sama mbak :))

  1. Kereeeen liputannya…
    🙂

    Di Jakarta macem2 sih. Ada yang bagus, ada juga yang seadanya…
    Saya jarang main ke mall-mall besar hehehe
    Tapi PIM lumayan bagus, Pasific place juga bagus, Plaza semanggi lumayan, Plaza senayan lumayan, hmmm… palagi ya?

    1. Halo, makasih ya. Alhamdulillah kalo bermanfaat. Pengen ngelengkapin sebenernya, cuma saya jarang maen ke Citylink, BTC, trus Miko. Jadinya yang ditulis ya mal yang sering didatengin aja. Lain waktu kalau main ke mal2 itu saya tambahin deh, insya Alloh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s