.menu wajib wisata Bandung: alun-alun.

.menu wajib wisata Bandung: alun-alun.

Sejak selesai direnovasi Desember 2014 lalu, alun-alun Bandung menjadi tujuan wisata paling hits di kota kembang. Rasanya kalau ke Bandung tanpa mengunjungi alun-alun bagaikan makan soto tanpa jeruk, kurang komplit. Terletak di Jalan Asia Afrika yang selalu padat, alun-alun tak pernah sepi pengunjung. Alun-alun yang berada di depan masjid raya Jawa Barat ini hanya sepi saat hujan dan siang hari. Terlebih di akhir pekan, hampir setiap sudut alun-alun penuh dengan pengunjung.

DSC07824

alun-alun 1

Secara umum, alun-alun terdiri dari taman bunga di sisi selatan, hamparan rumput sintetis di bagian tengah dan tempat bermain anak di sisi utara. Di sisi timur terdapat deretan kursi dan meja yang bisa digunakan bersantai. Menghabiskan sore hari sambil membaca buku di kursi ini sangat mengasyikkan.

alun-alun3 copy

alun-alun2

Bagian terpadat dari alun-alun adalah bagian tengah. Di hamparan rumput yang luas itu banyak pengunjung berfoto, makan bersama atau bermain bersama anak. Mau langsung upload foto atau update status di media sosial juga bisa karena di alun-alun terdapat wifi gratis. Di bulan Ramadhan lalu, alun-alun menjadi tempat ngabuburit favorit. Bukan pemandangan langka melihat rombongan keluarga dengan bekal nasi dan lauk duduk menunggu waktu berbuka.

alun-alun4

alun-alun6

Bila berwisata ke alun-alun, jangan lupa untuk menikmati suasana alun-alun dari atas. Masjid raya Jawa Barat memiliki dua menara yaitu utara dan selatan. Cukup dengan berinfak, kita dapat naik ke menara serta mengabadikan keramaian alun-alun dari sana. 

alun-alun5

Dari atas menara, kepadatan lalu lintas dan bangunan-bangunan bersejarah di seputar Jalan Asia Afrika bisa dinikmati dengan cara yang berbeda.

alun-alun9

alun-alun8

Sebagai tujuan wisata yang digandrungi pengunjung, belakangan ini mulai muncul komplain terkait kondisi alun-alun. Kondisi rumput yang tidak lagi seperti saat pertama juga sampah yang ada di sekitar area wisata sedikit mengurangi kenyamanan pengunjung. Benar bahwa membangun lebih mudah dari memelihara. Tentu saja memelihara dan menjaga alun-alun tetap bersih dan enak dikunjungi bukan tugas pengelola semata melainkan juga tugas setiap pengunjung. Melakukan hal sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya dan menjauhkan tangan dari berbuang iseng di fasilitas umum cukup untuk membantu alun-alun tetap bersih dan nyaman.

So, ada yang mau ke Bandung dan mampir alun-alun akhir pekan ini?

Iklan

11 thoughts on “.menu wajib wisata Bandung: alun-alun.

  1. Beautiful… 🙂

    Udah lamaaaaaa banget ga ke Bandung heuheu…
    Semoga kapan-kapan disempetin main deh, sekalian nyobain kulinernya

    Yang recommended makan dimana mba unita?

    1. Sempetin deh Ummu, liburan murah meriah di taman. Sejujurnya, setelah tinggal di Bandung kalo ditanya kuliner yang recommended malah ga tahu saya. Tapi bisa dicoba di mie akung, trus mie kocok kalo suka kikil. Kalau jajanan bisa cobain seblak sama cireng dan variasinya 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s