.setelah Ramadhan usai.

.setelah Ramadhan usai.

20160712_170143

Tidak terasa sudah sepekan Ramadhan berlalu. Sepertinya baru kemarin ngomongin tentang menu buka dan sahur, buka bersama, mau tarawih di masjid mana, persiapan mudik dan sebagainya tiba-tiba sekarang sudah masuk Syawal. Tentunya saya menyampaikan permohonan maaf kepada teman-teman wordpress. Mohon maaf bila ada tulisan atau komentar yang tidak berkenan di hati teman-teman sekalian. Semoga kita menjadi manusia yang lebih baik selepas Ramadhan ini. Aamiin.

Setelah selesai Ramadhan, ada beberapa hal yang ingin saya lakukan. Sengaja dituliskan di sini sebagai pengingat dan penyemangat. Dan ini dia diantaranya:

 1. Olahraga

Jauh sebelum Ramadhan saya sudah sering absen dari kegiatan olahraga. Bisa dibilang, enam bulan pertama 2016 adalah semester termalas berolahraga. Biasanya kalau absen di kegiatan olahraga yang diadakan kantor, saya akan olahraga sendiri di hari Sabtu atau Ahadnya. Namun apa daya berbagai alasan membuat saya jarang berolahraga. Untuk itu setelah usai bulan puasa ini saya berniat memulai kembali kegiatan olahraga. Berbagai pilihan kegiatan seperti ikut zumba di kantor, lari, renang (lebih tepatnya melatih biar lancar) atau mengajak Shasa main badminton semoga bisa saya wujudkan. Doakan saya ya 🙂

2. Bijak bermedia sosial

Ada tiga media sosial yang aktif saya gunakan. Pertama instagram, yang kedua facebook dan terakhir blog ini. Ketiga media tersebut ada di handphone dan hampir tidak pernah saya log out. Dari ketiganya yang paling sering saya lihat adalah facebook dan instagram. Alhasil, waktu senggang banyak saya habiskan untuk dua hal tersebut. Bulan Ramadhan tahun ini saya memutuskan puasa instagram. Sehari sampai dua hari pertama rasanya aneh. Biasanya ada saja yang saya lihat. Mulai dari akun instagram toko baju, kartu pos dan buku sampai yang kurang penting seperti instagram seleb. Namun sebulan berlalu begitu saja dan kemarin saat mulai main instagram lagi saya justru merasa aneh. Hehe, rasanya seperti kembali ke awal berkenalan dengan instagram.

Untuk facebook, saya membuat peraturan yang berbeda. Selama Ramadhan, saya membuka facebook setelah selesai memposting tulisan di blog ini. Akun facebook akan saya akses saat membagikan tulisan sampai dengan sehari setelahnya. Biasanya saya gunakan waktu untuk berbalas komentar dengan teman atau sekedar melihat berita terbaru dan hal-hal seru yang dibagikan di facebook.

Berkaca dari pengalaman Ramadhan lalu, saya memutuskan untuk memakai pola yang sama untuk facebook mulai bulan ini. Sedangkan untuk instagram saya berencana mengaksesnya saat akhir pekan saja. Barangkali pengecualian untuk instagram akan saya buat saat sedang jalan-jalan karena update instagram adalah salah satu cara memberi kabar pada keluarga dan teman.

 3. Mencoba hobi baru

Tahun lalu saya mencoba postcrossing sebagai hobi baru dan ternyata berlanjut sampai sekarang. Ramadhan tahun ini saya mendapat hadiah buku mewarnai dan saya memutuskan mewarnai sebagai hobi baru. Hehe. Saya sendiri menilai diri sendiri sebagai orang yang tidak berbakat seni karena itu saya selalu iri dengan orang yang pintar menggambar. Bagi saya, kehadiran buku mewarnai ini benar-benar hiburan tersendiri walaupun gambar-gambar itu bukan hasil karya saya. Semoga hobi baru ini bisa awet seperti postcrossing.

Demikianlah tiga dari sekian banyak hal yang ingin saya lakukan setelah Ramadhan usai. Dari ketiganya yang paling sulit bagi saya adalah nomor 2. Meski begitu saya ingin tetap mencobanya. Kita tidak akan tahu sebelum mencoba kan? Mudah-mudahan semangat saya seperti bunga-bunga itu ya. Terus tumbuh dan kalaupun ada yang layu akan muncul kuncup dan mekar lagi. Hehehe.

Iklan

6 thoughts on “.setelah Ramadhan usai.

  1. Duuh…serasa tertampar untuk kembali olah raga. Iya nih… harus kembali merontokkan lemak2.

    Met Idul Fitri ya Mbak… maaf lahir dan batin

  2. Olahraga?
    Aku selalu bikin excuse udah naik turun tangga tiap hari puluhan kali, wkwk
    Renang kepengen lagi sih. Tapi belum juga mulai. Padahal ini udah tengah tahun lewat…

    1. Iyes, olahraga. Sayangnya tertunda lagi karena satu hal. Setelah hal itu beres, aku kayanya fokus renang. Kita barengan aja apa, di uny wates. Bagus lho kolamnya, aku mah kolam pendek tapi, hahaa, kamu silakan yang dalam 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s