.panduan atur keuangan: menjadi cantik, gaya & tetap kaya.

.panduan atur keuangan: menjadi cantik, gaya & tetap kaya.

Bahasan tentang uang memang selalu menarik. Bagaimana tidak, punya uang bingung habisnya untuk apa ngga ada uang makin pusing jadinya. Sejak mulai bekerja, saya sering membaca artikel tentang keuangan. Apakah diterapkan? Beberapa iya, banyak yang tidak. Hehe. Sebagian yang saya baca  adalah tulisan dari perencana keuangan. Dari sanalah saya tertarik membeli buku karya mereka. Buku pertama yang saya beli dari mbak Ligwina Hananto, Untuk Indonesia yang Kuat. Bukunya selesai saya baca tetapi checklist 100 langkah untuk tidak miskinnya tidak saya selesaikan.

Beberapa bulan lalu, saya tergerak untuk membeli buku tentang pengaturan keuangan lagi. Kali ini dari mbak Prita Ghozie. Beli buku ini berawal dari saya yang merasa perlu panduan untuk mengatur uang. Selama ini alhamdulillah saya lumayan tertib masalah uang, tapi rasanya tetep ada bocornya dan ngga maksimal.

20160725_163748.jpg
the pink book

Buku setebal 320 halaman ini dibagi dalam 9 bab. Dimulai dengan pengantar yang ringan semakin ke belakang bahasannya semakin berat. Pertama-tama penulis mengajak melihat posisi keuangan kita. Nah bab yang dilengkapi dengan beberapa kertas kerja ini jujur bikin saya mules. Mules soalnya kertas kerja ini menunjukkan kemana saja larinya uang kita dan apa saja yang sudah kita punya. Tabel-tabel itu bila telah diisi lengkap akan memperlihatkan apa saja harta dan utang kita plus arus kas bulanan keuangan kita. Siap-siap kecubit deh begitu sadar ada uang yang lari untuk hal-hal yang masih bisa ditunda.

Sesuai dengan judulnya, dalam buku pink juga dibahas tentang hidup yang kaya dan tips cantik dan gaya tanpa rasa bersalah. Beberapa tips yang disajikan memang khusus untuk perempuan misalnya saja tentang perempuan dan gaya belanja. Namun untuk laki-laki ngga ada salahnya juga menyerap tips-tips lain dari penulis.

Jika membicarakan keuangan pastilah tidak bisa jauh dari topik utang. Utang sendiri, menurut mbak Prita terbagi dalam utang baik, jelek dan super jahat. Utang kartu kredit adalah salah satu contoh utang super jahat. Bagusnya, selain menjabarkan utang yang jelek dan super jahat, penulis juga memberikan langkah-langkah bebas utang. Hayo, siapa yang mau hidup bahagia tanpa utang?

Topik yang dibahas dengan porsi lebih banyak di buku ini adalah investasi. Buat saya sendiri, investasi adalah bahasan yang menantang. Soalnya seberapa banyak pun uang yang saya simpan kalau cara menyimpannya kurang tepat, yang ada uang malah tergerus inflasi. Dan untuk memutuskan investasi mana juga dibutuhkan keberanian untuk memulai. Disinilah penulis menjabarkan tentang risiko berikut macam pilihan investasi serta rahasia sukses investasi. Apapun investasi yang nantinya dipilih, pesannya satu saja, jangan simpan semua telur di kotak yang sama.

Setelah menamatkan buku ini, saya termotivasi untuk memperbaiki pengelolaan keuangan. Rasanya memang malas memulai namun demi keuangan yang lebih tertib, hal tersebut harus saya lakukan. Plus, agar apa yang sudah diberikan Sang Maha Pemberi bisa saya pertanggungjawabkan dengan baik.

9 thoughts on “.panduan atur keuangan: menjadi cantik, gaya & tetap kaya.

Tinggalkan Balasan

