.11 hal untuk 2017 lebih baik.

.11 hal untuk 2017 lebih baik.

 

20170124_064233.jpg

Halo 2017.  Duh debuan banget ini blog lama ngga diisi tulisan baru. Ngga terasa sudah mau akhir Januari. Artinya hampir sebulan langkah kita di tahun baru. Bagi saya, 2017 adalah buku kosong. Desember tahun lalu saya pindah kota karena pergeseran pekerjaan jadi 2017 bagaikan lembaran kertas putih yang siap diisi petualangan baru tsahh apa sih ini. Sebagai manusia yang ngga pengen rugi, saya ingin 2017 lebih baik dari tahun sebelumnya. Ada sebelas hal yang sudah dan akan saya lakukan untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Here we go…

1. Satu bulan satu buku

Pernah baca tulisan saya tentang tsundoku? Tahun ini saya menargetkan sebulan membaca setidaknya satu buku agar tumpukan buku segera turun. Semakin ke sini saya makin merasa perlu banyak baca. Pasalnya kalau ngga membaca saya cenderung asyik di sosial media yang kadang saking lamanya jadi membaca dan melihat hal-hal kurang penting. So, mulai bulan Januari ini saya memulai untuk rutin membaca. Harapannya akhir tahun nanti bisa direkap buku apa saja yang berhasil saya baca dan kalau bukunya menarik, kemungkinan saya buat resensinya di blog ini.

2. Investasi reksadana

Saya termasuk orang yang “penakut” dalam hal investasi. Selama ini saya cenderung memilih deposito, tabungan (yang ngga disarankan) dan emas.  Sebetulnya ada instrumen investasi lain yang ingin saya coba yaitu reksadana. Apalagi sejak membaca buku perencanaan keuangan saya merasa perlu investasi lain agar rencana-rencana ke depan bisa terwujud. Nah tahun ini saya memutuskan untuk berinvestasi di reksadana. Doakan bisa tertib investasinya plus hasilnya sesuai harapan πŸ™‚

3. Toples syukur

Toples syukur atau jar of gratitude ini sebetulnya terinspirasi dari sahabat saya Nisa. Suatu hari kami bertukar cerita dan Nisa mengirim gambar the happiness jar dan kami berniat membuat catatan tentang hal-hal membahagiakan dan harus disyukuri di tahun 2017. Tujuannya agar kami berhenti mengeluh, menambah syukur dan menghargai setiap waktu yang kami punya. Di akhir tahun nanti kami juga bisa mereview kebahagiaan kami sumbernya dari mana, macamnya apa saja dan seterusnya. Sebenarnya saya sudah mulai menulis untuk toples syukur sejak Desember 2016 namun tidak tertib setiap hari. Rupanya di Januari ini pun saya belum tertib melakukannya. Ada kalanya saya lupa namun kadang jujur nih, saya bingung apa ya hal baik yang terjadi hari ini dan patut disyukuri. Duh, saya ini kok mikirnya ngga simpel ya. Padahal kan bahagia itu sederhana saja, bangun pagi dalam keadaan sehat adalah hal yang harus saya tulis setiap hari kan?

4. Catatan keuangan

Perihal catat mencatat duit ini mulai sulit saya lakukan sejak bekerja. Kalau catatan kasar saya punya, namun catatan detail seperti masa sekolah hampir tidak ada lagi. Mengapa? Lagi-lagi karena malas. Mulai 2017 saya putuskan membuat catatan keuangan lagi. Catatan ini ada hubungannya dengan rencana nomor 2. Dengan semakin tertib mencatat akan terlihat pengeluaran yang kurang penting dan bisa dialihkan ke pos lain. Demi apa coba, ya demi investasi yang lebih banyak untuk hidup lebih baik. Hahaha.

5. Tabungan per tanggal

Masih berkaitan dengan keuangan nih, ketahuan banget kan kurang tertibnya saya dalam hal uang di tahun lalu. Proyek tabungan per tanggal ini sebenarnya adalah upaya kesekian dalam menabung. Saya sempat membuat tabungan 2.000 per hari kemudian mengumpulkan setiap uang 20.000 dan keduanya gagal. November 2015 saya mulai dengan tabungan per tanggal namun hanya bertahan dua bulan saja. Oya, maksud tabungan per tanggal itu tanggal 1 saya menabung 1.000, tanggal 2 sebesar 2.000 dan seterusnya. Berat? Lumayan. Apalagi kalau sudah masuk tanggal 20-an. Kerasa banget. Tujuan saya membuat tabungan per tanggal ini untuk “mengerem” keinginan jajan plus setelah dua atau tiga bulan uangnya bisa dipakai buat jalan-jalan. Tertarik nyoba?

6. Olahraga

Harus diakui olahraga selalu masuk upaya untuk hidup lebih baik. Hampir setiap tahun saya menulis akan berolahraga. Hasilnya? Mostly nol. Tahun ini, saya ngga mau buat rencana olahraga yang muluk-muluk. Cukup seminggu sekali deh. Goalnya? Biar tetap fit dan ngga gampang capek. Pilihan olahraganya apa dong? Insya Alloh renang. Udah lama euy ngga latihan renang. Plus baju renang muslimah makin lucu deh warna-warnanya. Hahaha, tuh kan udah geser lagi tujuannya.

7. Menulis di blog (lagi)

Nomor 7 ini juga selaluuu masuk agenda tahunan. Konsisten menulis ternyata sungguh berat. Terlebih bagi saya yang banyak excuse. Belum ngumpulin bahan, belum mindahin foto dari kamera sampai alasan kuota internet tipis. Segala alasan yang dicari-cari lah. Tahun ini saya memutuskan untuk konsisten menulis. Untuk membuat makin semangat, saya membuat blog baru. Ampun neng, yang ini aja males update ngapain bikin lagi? Ehm, ya karena yang diceritain di blog satunya ngga bisa dibahas di sini. Mudah-mudahan keputusan ini ngga salah dan dua rumah tulisan saya makin semarak dengan postingan baru di 2017. Aamiin.

8. Lebih banyak minum air putih plus makan buah dan sayur

Saya itu orang yang males banget minum air putih sampai kadang kerasa haus baru minum. Padahal tahu kalau cairan diperlukan sama tubuh. So, mulai tahun ini insya Alloh lebih banyak minum air putih sesuai kebutuhan tubuh. Demikian juga dengan makan buah dan sayur. Hal yang sering terjadi nih, saya beli buah tapi dibiarkan begitu saja dan tahu-tahu sudah tidak bisa dinikmati. Rugi kan, sudah dibeli ngga dimakan. Jadi tahun ini saya akan memaksakan diri untuk mengkonsumsi buah demi tubuh sehat dan uang manfaat.

9. Belajar bahasa

Perkara belajar bahasa memang susah-susah gampang tanpa niat yang kuat dan benar. Tahun ini saya berencana ambil tes Ielts jadi perlu belajar bahasa Inggris lagi. Semangat!!!

10. Menambah hafalan Al Qur’an

Saya selalu malu kalau nonton hafiz cilik. Adik-adik ini hafal banyak surat dan bacaannya pun baik. Sedangkan saya, duh sudah sebesar ini namun hafalan masih perlu peningkatan. Untuk itu tahun ini saya berniat menambah hafalan. Kebayang kan bahagianya kalau nanti punya anak terus bisa ngajarin surat-surat dan menyimak hafalan mereka πŸ™‚

11. Menjaga silaturahim

Zaman sekarang teknologi semakin maju tapi orang-orang dekat makin terasa jauh. Untuk itu tahun ini saya berupaya menjaga hubungan dengan keluarga, sahabat dan teman. Tahun ini saya mengupayakan rutin menelpon rumah, kakak dan adik saya plus teman yang domisilinya jauh. Demikian juga untuk teman atau keluarga yang ketemunya di media sosial. Bakalan lebih sering saya sapa, insya Alloh. 

Inilah sebelas hal yang saya rencanakan untuk 2017 lebih baik. Kalau teman-teman sekalian, apa rencana 2017? Sharing yuk.

16 thoughts on “.11 hal untuk 2017 lebih baik.

  1. Wah sama ni. Saya juga rencananya mau konsisten baca buku setiap bulan satu buku saja.

    Klo ngeblog udah konsisten saya. Tahun 2016 kemarin rutin menulis setiap 2 atau 3 hari sekali. Maklum masih seneng-senengnya ngeblog soalnya.

  2. – Menulis catatan keuangan ini bagus banget. Sy ngerasain banget bedanya sebelum dan sesudah membuat catatan keuangan rutin.

    – 2 tahun terakhir reksadana lagi ga bagus returnnya. kalo mau tetep ambil, ambil yang jangka minimal 5 tahun. saranku sih yg pasti dapat return aja, salah satunya sukuk, sun.

    – 1 buku, 1 bulan. prediksiku yg berhasil adalah beli 1 buku 1 bulan. bukan baca buku 1 tiap bulan hahaha . kidding :p

    – mulai coba hal baru kayak jualan online kayaknya bisa dipertimbangkan. Life changer ku di tahun 2016 adalah memulai jualan online. hehehe

    1. Hai And, makasih lho udah baca. Yup, dulu pas masih rajin nyatat kerasa tertib makanya inu mau ditertibin lagi. Kalau reksadana emang rencana buat jangka panjang. Sun ngga nyoba, sukuk aja aku. Trus kalau yang buku emang harus tahan iman buat ngga beli dan tahan mata buat mata. PR besar. Nah, yang terakhir jualan atau nyoba usaha ini aku lum berani. Tapi layak dipertimbangkan. Makasih lho sarannya. Nanti tulis ya And cerita jualan online nya

      1. Setuju juga sama andhy, ngeliat banyak pengeluaran di pos Keinginan itu lama2 menyakitkan #halah
        Aku alhamdulillah jadi bisa mengerem beli2 yang bukan kebutuhan, termasuk menjauhkan godaan beli buku 😁

        Soal olahraganya sama nih, tapi aku lebih realistis dan cukup menargetkan gerakan fisik 10an menit sebelum tidur.

        Dua poin terakhir aku angkat jempol, dua jempol. Harus kutiru! 😘

      2. Rencana nomor 1 sesungguhnya untuk mengerem keinginan beli buku lagi. Hehe. Nampaknya banyak positifnya ya mencatat keuangan ini, makin tertantang buat lebih tertib.
        Wah, ide gerakan ringan ini bisa aku contoh. Makasih ya. Bantuan simak hafalanku dong, dapat 2 ntar. Ya hafalan ya silaturahim 😊

      3. Kayaknya emang kamu cocok ngerem bukunya pake rencana #1 deh. Semoga suksess, hehe
        Hmm…boleh2. Nanti kita bahas teknisnya ya 😁

  3. Resolosi nomor-7-nya sama mbak hehe. Moga kita konsisten menulis ya di blog.
    Paling suka resolusi nomor 10. Hmmm. iya masa dikalahin sama anak-anak cilik ya. Hehehe.
    Good luck buat resolusinya mbak. πŸ™‚

    1. Hai mbak Annisa, salam kenal ya. Sipp, semoga tulisan blog nambah secara teratur tahun ini. Iya nih malu makanya pengen memperbaiki dan nambah hafalan. Aamiin, makasih ya.

    2. aku berhasil ngerem beli buku di gramed. Tapi sekarang punya hobi baru: Beli buku jadul yg ditulis puluhan tahun lalu. Hadeh, tu buku mahal-mahal, tebal-tebal, dan nasibnya masih sama. jarang dibaca. hahaha…..

      Ngelakuin hal baru ga harus jualan online sih. apapun. yg penting hal baru, biar hidup lebih hidup. haha πŸ˜€

      1. Jual lagi aja buku jadulnya habis selesai dibaca. Kecuali emang bukunya dibeli buat koleksi. Oke ntar aku share lah kalau ada hal baru yang aku lakuin. Hehe.

Tinggalkan Balasan

