.Tamaki Aso: anchor woman favorit.

.Tamaki Aso: anchor woman favorit.

Sebulan lalu dunia internet heboh sama mbak Ira Kusno. Itu lho, pembaca berita yang kemudian menjadi moderator debat calon gubernur DKI. Kalau saya nih, setiap ingat pembaca berita langsung inget Tamaki Aso. Tamaki Aso, tokoh sentral dari dorama Anchor Woman. Dorama ini sudah lama sekali ditayangkan. Kayanya zaman saya masih SD atau SMP awal. Seingat saya dulu ditayangkan tiap akhir pekan di Indosiar. Secara garis besar Anchor Woman atau News no Onna menceritakan kehidupan Tamaki Aso bersama anak tirinya dan lika liku Aso sebagai seorang jurnalis.

anchor-woman400
Ryu, Aso, Kubota

Tamaki Aso adalah perempuan mandiri dan sukses. Belum lama menjadi penyiar berita malam yang merupakan acara prime time di Channel 2 Aso  menikah dengan Kaito Kudo, seorang profesor dengan satu anak bernama Ryu. Sampai suatu hari Aso harus membacakan berita tentang kecelakaan yang menewaskan suami dan mantan istrinya. Kehilangan ayah dan ibu, Ryu tidak punya pilihan selain tinggal dengan Aso, ibu tiri yang baru satu kali dia temui dan tidak disukainya. Aso yang juga tidak menyukai Ryu, menerima Ryu atas desakan Mr. Kubota sahabat almarhum suaminya. Setidaknya sampai bibi Ryu kembali dari Afrika, Aso bersedia tinggal bersama anak tirinya.

Sebagai penyiar berita andalan Channel 2, Tamaki Aso adalah jurnalis yang cerdas dan berdedikasi tinggi. Selalu tepat waktu, memberikan ide-ide segar dan fokus dalam mengerjakan tugas adalah nilai lebih Aso. Namun dibalik kesempurnaannya, Aso juga orang yang egois dan mau menang sendiri. Hingga karena idealisme dalam bekerja, Aso harus mengundurkan diri dari Channel 2. Aso menolak untuk tidak menayangkan investigasi kasus yang menyangkut perusahaan tempatnya bekerja. Alhasil, dia harus rela kehilangan posisi sebagai penyiar utama dan harus mencari pekerjaan ke stasiun televisi lain.

Sial bagi Aso. Dipecat Channel 2 artinya tidak ada stasiun TV besar lain yang mau menerimanya sebagai penyiar. Satu-satunya stasiun televisi yang bersedia mempekerjakan Aso adalah TV Kabel Niko Niko, sebuah TV lokal dengan pelanggan sedikit. Kehidupan Aso seketika berubah. Dari fasilitas mobil jemputan plus sopir di Channel 2 menjadi sepeda onthel dari Niko Niko. Meskipun berpindah tempat kerja, Aso tetap pribadi yang sombong dan sulit  menerima sepenuhnya keberadaan dirinya di stasiun TV kecil. Sampai kamerawan Aso di Niko Niko mengirimkan dokumenter tentang sampah karya Aso dan ternyata memenangkan penghargaan. Saat itulah Channel 2 menawarinya kembali bergabung. Di sinilah keteguhan Tamaki Aso diuji. Kembali bersama Channel 2 atau bertahan di Niko Niko. Sebuah pilihan sulit yang akhirnya diambil Aso dengan bantuan orang-orang terdekatnya.

tamaki-aso
Kombanwa. Aso Tamaki desu 🙂

Terus nih, mengapa Tamaki Aso menjadi favorit? Karena bagi saya, karakter Aso ini manusiawi banget. Bukan protagonis macam malaikat namun bukan pula antagonis yang hobi melotot. Aso adalah seorang yang egois. Permasalahan yang timbul saat pertama kali hidup bersama Ryu adalah karena karakter keduanya yang sama-sama egois. Namun keduanya mau membuka diri dan bertoleransi sehingga bisa hidup bersama sebagai ibu dan anak. Aso juga seorang yang keras kepala dan mau menang sendiri namun akhirnya menyadari bahwa teamwork itu penting. Sisi manusia juga terlihat dari Aso yang gampang Ge Er (Gede Rasa) dan bahkan mengira Ryu menyukainya. Aso punya sifat baik yaitu berani mengakui kesalahan dan meminta maaf. Selain itu dia adalah sosok yang penuh tanggung jawab dan total dalam bekerja. Di luar sifat nyebelinnya, banyak hal baik dari Tamaki Aso yang bisa dicontoh oleh penonton.

Di Anchor Woman, selain Ryu dan Aso ada satu sosok penting lain yaitu Mr Kubota. Orang yang mengakrabkan Ryu dan Aso. Hobi memasak dan penolong Aso yang payah dalam urusan rumah tangga. Kehadiran Mr. Kubota mampu mengisi sepi antara Aso dan Ryu sekaligus menjembatani kedekatan ibu dan anak tirinya. Menurut saya pribadi, cerita ini belum selesai. Soalnya belum jelas apakah akhirnya Aso menikah dengan Mr. Kubota serta bagaimana nasib percintaan Ryu . Kebayang kalau dorama ini asli Indonesia, mungkin sampai Ryu menikah dan punya anak alias bisa sampai 1000 episode.

Demikianlah kenangan saya tentang pembaca berita favorit. Ah, kalau ingat dorama ini saya jadi kangen acara TV Indonesia sebelum dilanda sinetron stripping. Oya, ngomong-ngomong kalau ada yang punya tokoh favorit dari drama atau serial, boleh lho dishare di sini.

Iklan

13 thoughts on “.Tamaki Aso: anchor woman favorit.

  1. sepertinya menarik kisahnya. Cuma ini baru pertama kali dengar. Dulu di zaman saya yang terkenal meteror garden tuh di indosiar. Klo film di atas nggak sempat mengikuti he he he….

    1. Yang suka sama Sanchai se cool yang versi Meteor Garden ga di Hana Yori Dango. Btw kalo Anchor woman kan udah lama ya, mungkin udah ga cocok cara kerja siaran beritanya. Tapi esensi critanya tetep keren.

  2. Saya nggak tahu sama sekali tentang ini, tetapi kok sepertinya menarik sekali ya kalau baca dari sini. Alur nya bagus, karakter kuat. Saya kepo dan langsung cuss youtube jadinya haha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s