.4 makanan enak yang wajib dicoba di Cirebon.

.4 makanan enak yang wajib dicoba di Cirebon.

Hallo, kali ini saya mau cerita tentang Cirebon. Jadi saya pertama kali ke Cirebon karena urusan dinas. Waktu itu sempat nginep tapi ngga sempat kemana-mana. Akhirnya, saya “menghasut” Shasha buat mengisi akhir pekan dengan main ke kota udang ini. Karena tahu pasti kalau Shasha bakalan sulit nolak diajak main, terdamparlah kami berdua di Cirebon.

Selama Sabtu dan Minggu, kami sempat main ke beberapa tempat wisata di Cirebon mulai dari keraton sampai makam. Yang ngga kalah asik kami berhasil mencicipi berbagai makanan enak di sana. Semuanya memang makanan berat sih. Saking beratnya, mau ngemil tahu gejrot pun perut udah ngga sanggup. Dan ini dia 4 makanan yang wajib dicoba bila berkunjung ke Cirebon:

1. Nasi jamblang

nasi jamblang

Ada 2 tempat makan nasi jamblang yang terkenal di Cirebon. Pertama, nasi jamblang Mang Dul yang ada di dekat mal Grage dan yang kedua nasi jamblang bu Nur di dekat masjid At Taqwa. Nasi jamblang sendiri adalah nasi putih yang dibungkus dengan daun jati kemudian dimakan dengan macam-macam lauk yang bisa kita pilih. Dan jangan lupa tambahkan sambelnya yang maknyus.

Nasi jamblang dijual per bungkus. Satu bungkus nasi kira-kira sebesar satu kepal tangan. Pilihan lauknya beragam mulai dari pepes, lauk yang digoreng, juga sayur. Harganya pun terjangkau. Kebetulan saya sudah mencoba nasi jamblang Mang Dul dan Bu Nur. Buat saya sendiri, keduanya enak. Nasi pulen diadu dengan pepes plus sambal bertemu perut lapar. Mantap.

2. Nasi lengko

nasi lengko

Makanan lain yang saya coba di Cirebon adalah nasi lengko. Menurut saya sendiri, nasi lengko ini menyerupai tahu ulek. Perbedaannya ada pada bumbu kacang. Sepiring nasi lengko yang tersaji akan berisi nasi, tahu dan tempe goreng yang dipotong kecil-kecil, mentimun cacah, tauge plus irisan daun kucai. Diatasnya diberi bumbu kacang dan kecap. Untuk pelengkap, bisa dimakan dengan kerupuk.

Sebenarnya saya sudah cukup kenyang ketika tertarik untuk memesan nasi lengko di warung bu Nur (satu kompleks dengan warung nasi jamblangnya). Karenanya setengah porsi nasi lengko cukuplah untuk perut saya. Bagaimana dengan rasanya? Enak dan segar. Rasa mentimun dan taugenya pas berteman dengan tahu dan tempe goreng 🙂

3. Empal gentong

empal gentong

Nah, untuk makan enak yang ketiga ini saya menyendok dari mangkok Shasha. Empal gentong ini sederhananya adalah daging dan jeroan sapi  yang diberi kuah santan. Rasanya gurih dan pastinya, berlemak. Hehehe.

Rumah makan yang menyediakan empal gentong biasanya juga menjual empal asem. Setelah mencoba empal gentong dan empal asem, saya  lebih cocok dengan empal asem karena tanpa santan dan kuahnya bening.

4. Mi koclok

mi koclok cirebon

Menu berikutnya yang saya coba adalah mi koclok. Sebelum ke Cirebon saya sempat browsing tempat makan mi koclok. Katanya sih, penjual mi koclok ada di sekitar Masjid Panjunan. Tapi pas kami ke sana, ternyata warung mi kocloknya belum buka. Akhirnya kami lanjut main dan gagal mencoba mi koclok Panjunan. Pas makan malam, saya dan Shasha iseng-iseng makan di dekat mal Grage dan ndilalah, tempat makan itu menjual mi koclok. Alhamdulillah, kesampaian juga makan mi khas Cirebon ini.

Mi koclok ini menurut lidah saya sih, mi dengan kuah gurih dari santan. Entah gimana, saya ngerasa kaya makan bubur yang nasinya diganti mi. Haha. Jadi semangkok mi koclok terdiri dari mi yang disiram kuah kental kemudian dilengkapi topping ayam dan telur. Enak deh. Karena masih penasaran dengan mi koclok Panjunan, saya jadi punya alasan buat main ke Cirebon lagi.

Sekian cerita kuliner wajib icip di Cirebon. Next, insya Alloh saya bakal nulis pengalaman dua hari di Cirebon. Sapatau ada yang terinspirasi buat main ke sana kan habis baca ini? Hehe.

Iklan

9 thoughts on “.4 makanan enak yang wajib dicoba di Cirebon.

  1. wah makanan khas daerah itu memang bikin mupeng and jadi perut laper..apalagi ni lg ujan ujan gini aku bacanya..malam adem syahdu….pengen bikn teh anget sama makan yang udah kamu ulas mbak unita..

  2. Ini kali kedua cerita tentang Cirebon yang aku baca hari ini. Yang sebelumnya tentang museum dan yang ini KULINER. Slruppp! 😀
    Apakah ini sebuah tanda aku bakalan ke Cirebon dalam waktu dekat? hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s