.Menikmati Akhir Pekan Seru di Galeri Indonesia Kaya.

Jakarta dan mal adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Beberapa kali berakhir pekan di ibukota, saya hampir selalu memasukkan mal sebagai tempat wajib kunjung dan salah satunya adalah mal Grand Indonesia. Sabtu, 2 Maret lalu mungkin ketiga kalinya saya main ke Grand Indonesia. Belakangan baru saya tahu kalau selain tempat belanja dan makan, di GI juga ada Galeri Indonesia Kaya. Galeri ini terletak di lantai 8 West Mall GI dekat dengan bioskop CGV dan mushola.

20190302_165541.jpg

Galeri Indonesia Kaya

Siang itu saya iseng saja mampir ke Galeri Indonesia Kaya. Di pintu masuk, ada petugas yang memberikan leaflet dan mempersilakan masuk. Sebenarnya galeri ini tidak terlalu luas, namun tempatnya nyaman dan banyak hal terkait budaya Indonesia yang ditampilkan secara menarik melalui komputer layar sentuh (touch screen). Mengutip informasi dari website resmi galeri,  dari layar tersebut kita bisa belajar tentang kuliner, kesenian, tradisi, asal usul dan alat musik tradisional. Saya sempat mencoba memainkan kolintang melalui layar komputer yang terpasang dan membaca informasi seputar kuliner khas di Nusa Tenggara. Selain informasi melalui layar interaktif, ada satu spot menarik lainnya yaitu tempat merancang kartu pos bermotif batik. Pengunjung bisa memilih motif batik yang diinginkan dan mencetaknya. Sayang, kemarin printer pencetak kartu pos sedang rusak sehingga kartu pos hasil kreasi saya tidak bisa dicetak.

20190302_141606.jpg

lorong masuk

20190302_141227.jpg

layar interaktif

20190302_142252.jpg

buat sendiri kartu posmu

Selesai keliling dan mencoba mendesain kartu pos, saya duduk menikmati suasana galeri. Saat itulah datang petugas dan menanyakan apakah saya ingin melihat pementasan seni. Tanpa pikir panjang saya mengiyakan tawaran tersebut. Usut punya usut, selama bulan Maret sampai pertengahan April, Galeri Indonesia Kaya menggelar pementasan seni setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 15.00. Kebetulan saat itu yang mendapat jadwal pementasan adalah kelompok Fat Velvet dari Bandung. Mereka menampilkan judul Ontologi Dedes.

20190302_153844.jpg

Fat Velvet in action

20190302_161954.jpg

ngobrol setelah pentas

Sejujurnya, saya bukan orang yang terlalu mengerti seni. Jadi ketika melihat Ontologi Dedes ini saya agak bingung dengan ceritanya dan hanya menikmati gerak tari pementasnya saja. Setelah pementasan ada sesi tanya jawab dengan Fat Velvet. Dari sini saya mengerti bahwa untuk bisa tampil di Galeri Indonesia Kaya bukan sesuatu yang mudah. Kelompok seni yang ingin tampil harus melewati proses seleksi dan selanjutnya mereka mengikuti workshop. Pastinya diperlukan latihan yang serius untuk penampilan yang mungkin hanya berlangsung 45 menit sampai 1 jam. 

20190302_140317.jpg

dokumentasi pementasan

20190302_140723.jpg

suvenir cantik

Nah untuk yang bingung akhir pekan ini mau kemana atau pengen kegiatan yang lain dari biasanya, menonton pertunjukan seni di Galeri Indonesia Kaya bisa jadi alternatif pilihan. Jadwal lengkap pertunjukan bisa diakses di website dan sekaligus bisa reservasi tiket untuk menonton.

4 respons untuk ‘.Menikmati Akhir Pekan Seru di Galeri Indonesia Kaya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s