.Review Buku Jouska: The Principles of Personal Finance.

Halo apa kabar pembaca yang budiman? Masih ingat sebelumnya saya pernah menuliskan tentang pengalaman ikutan Jouska Talks di blog ini? Alhamdulillah banyak yang mampir sini dan membaca tulisan tersebut. Jouska emang beneran akun instagram favorit ya, hehe. Baru-baru ini Jouska me-launching buku keuangan pertamanya. Berhubung banyak yang penasaran, mau beli tapi ragu, mau pinjam tapi malu, lebih baik baca dulu reviewnya di sini ya. Kebetulan kemarin pengen menghadiahi diri sendiri jadilah saya membeli buku Jouska.

20190419_184503.jpg

bukunya Jouska

Saya akan mulai dari tampilan buku. Buku The Principles of Personal Finance, selanjutnya kita sebut buku Jouska berukuran A4 dan dicetak dalam kertas yang bagus dan full colour. Buku ini memiliki 132 halaman, namun terlihat tebal karena kertasnya yang eksklusif. Kalau mau dibawa-bawa kemudian dibaca di kereta misalnya, memang kurang praktis. Rasanya buku ini lebih cocok dibaca sambil duduk di ruangan atau kafe yang ada mejanya sambil mencatat, hal apa dari buku ini yang harus segera kita praktekkan atau harus kita perdalam lagi pengetahuannya.

Secara garis besar, ada tiga bagian dalam buku Jouska. Yang pertama adalah pandangan CEO Jouska yaitu mas Aakar. Di bagian ini mas Aakar menuangkan pandangannya tentang industri keuangan di Indonesia dan masa depan Jouska itu sendiri. Bagian kedua mengisahkan terbentuknya Jouska oleh tiga pendirinya yaitu mas Aakar, mbak Farah Dini, dan mbak Indah Hapsari. Habis baca sejarah Jouska ini, jadi sadar bahwa Jouska ngga serta merta seterkenal dan sehits sekarang. Tetep ada perjuangan di baliknya.

20190419_184756.jpg

Jouska is…

Bagian ketiga mereka beri judul Jouska approach and Jouska chronicles. Inilah bagian kunci dari buku The Principles of Personal Finance. Jouska chronicles merupakan hasil wawancara Jouska dengan sahabat-sahabatnya. Sahabat Jouska juga beragam, mulai artis sampai pengusaha. Ada cerita-cerita tentang keuangan, gaya hidup, dan hobi  dari sahabat Jouska yang bisa kita ambil pelajarannya.

Inti dari prinsip-prinsip finansial tertuang dalam Jouska approach. Pendekatan-pendekatan yang dilakukan Jouska, bermula dari segitiga dasar atau basic triangle meliputi risk profile, current financial statement dan goals. Intinya, kalau mau mulai menata keuangan kita, 3 hal basic tersebut harus kita kenali. Karena sesama single belum menikah pun bisa jadi punya risk profile yang berbeda, misalnya yang satu membiayai sekolah adiknya sedangkan yang lain benar-benar hidup untuk diri sendiri.

20190419_184949.jpg

hai Vidi

Selanjutnya buku Jouska membahas tentang asuransi yaitu asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Di sini Jouska menegaskan bahwa asuransi jiwa diperuntukkan bagi orang yang apabila terjadi sesuatu pada orang ini, tanggungan atau yang dibiayai oleh orang tersebut tetap dapat melanjutkan hidup dengan baik. So, bagaimana dengan asuransi jiwa bagi anak? Pasti sudah punya jawaban kan? 

Buku Jouska juga mengangkat topik marry with your bank berikut sederet alasan mengapa hal itu harus banget kita lakukan. Dan yang ngga lupa dituliskan di buku ini adalah tentang dana darurat. Ini dana yang wajib banget kita punya. Kalau biasanya kita banyak membaca perhitungan dana darurat, 3, 6 atau 12 kali pengeluaran per bulan berdasar status seseorang, Jouska memiliki perhitungan yang berbeda dengan menggunakan kovarian tertentu. Tapi kalau mau tahu gimana caranya Jouska menghitung dana darurat, ngga dikupas di buku ini. Namanya juga prinsip, ya wajarlah kalau hanya yang utama saja yang dibahas. Detailnya, hmmm mungkin harus jadi klien kali ya? Hehe.

20190419_185102.jpg

grow bigger

Last but not least, Jouska membahas tentang prinsip menumbuhkan aset. Masih ingat kan, ada dua macam investasi yaitu bonds alias utang dan stocks atau saham. Udah, dua itu saja yang perlu kita pegang. Prakteknya, bisa dipelajari lebih dalam lagi tentang produk yang termasuk dalam kedua jenis investasi tersebut.

Pertanyaan yang banyak saya terima, worth it ngga sih, harga buku 270.000 rupiah dengan ilmu atau pengetahuan yang kita dapatkan? Jawabannya tergantung. Kalau kamu merasa udah khatam banget tentang prinsip-prinsip dasar mengelola keuangan pribadi atau pernah ikutan Jouska talks dan udah nangkep apa yang dibahas di situ, berarti kamu ngga harus beli buku ini. Atau kalau kamu merasa belajar dari IG dan facebook-nya Jouska cukup, ya ngga beli buku ini juga tetep oke. Tapi kalau kamu perlu merefresh ingatanmu trus males bolak balik ngecek highlight story Jouska atau browsing note di facebook Jouska, lebih baik kamu punya buku ini. Namanya juga buku kan, bisa dibaca berulang-ulang selama kita masih butuh. Dan ngga perlu biaya kuota internet.

Mungkin ada juga yang pernah membaca (di twitter terutama) tentang orang yang merasa bukunya over priced dan lain-lain, menurut saya sah-sah saja. Kalau saya pribadi berpendapat, namanya juga prinsip, pasti yang dibahas dasarnya dulu. Bagi saya, ngga nyesel beli buku ini. Kalaupun pada akhirnya isi buku ini mirip sama pembahasan di Jouska Talks, buku ini tetap bisa dibaca oleh saudara atau teman saya yang memang masih awam tentang mengelola uang. Jadi buku ini tetap akan bermanfaat 🙂

 

8 respons untuk ‘.Review Buku Jouska: The Principles of Personal Finance.

  1. Ayu Frani berkata:

    Wah, bukanya menarik ya, Mbak. Jadi penasaran dengan semua isinya. Berbobot!
    Dengan harga demikian, hum…Lumayan lah untuk investasi. Tapi, modal akan kembali kalau prinsip-prinisipnya bisa dipraktikkan ya.

    • Unita berkata:

      Wah udah sold out ya. Aduh, maaf baru bisa sharing lewat review. Bukunya belum bisa dipinjam2 fisiknya. Semoga yang di dekat Itqan ada temen yang punya jadi bisa baca ya🙏

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s